pendaftaran siswa baru

PERMAINAN PESAN BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENYIMAK PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA TK B

Posted on 31 Maret 2016 - 14:47 WIB

PERMAINAN PESAN BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENYIMAK PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA TK B

PERENCANAAN


Latar Belakang Masalah

Keterampilan berbahasa mencakup empat segi, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menyimak merupakan ketrampilan berbahasa awal yang dikuasai oleh manusia. Ketrampilan menyimak menjadi dasar bagi ketrampilan berbahasa lain. Ketrampilan  menyimak akan membantu meningkatkan kualitas karena manusia selalu dituntut untuk menyimak, baik dalam  lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Pemerolehan bahasa seorang anak juga berawal dari menyimak ujaran di lingkungan keluarga.

Pembelajaran menyimak dilaksanakan secara terpadu dan mendapat perhatian yang sama dengan ketrampilan berbahasa lain. Namun dalam pembelajaran di sekolah, hal tersebut belum terlaksana dengan baik. Pembelajaran menyimak masih kurang mendapat perhatian dan seringkali diremehkan oleh siswa maupun guru. Mereka beranggapan bahwa semua orang yang normal pasti dapat menyimak dan ketrampilan menyimak akan dikuasai oleh siswa secara otomatis. Pandangan seperti itu seharusnya dihilangkan. Ketrampilan  menyimak untuk memperoleh pemahaman terhadap wacana lisan tidak akan terbentuk secara otomatis atau hanya dengan perintah supaya mendengarkan saja.


Landasan Teori

Tarigan  menyatakan bahwa menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang tidak disampaikan oleh sang pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.

Pembelajaran untuk anak usia dini harusnya didasari oleh ketertarikan dan kebutuhan anak. Untuk mengetahui ketertarikan anak, guru dan orang tua harus memahami anak secara individual dan sosial.  

Berikut adalah bagan yang menggambarkan hal-hal yang esensial dalam pendidikan anak usia dini (M.L Henninger).

Prosedur permainan pesan berbisik dilaksanakan dalam langkah-langkah sebagai berikut: 1) Guru membagi kelompok dalam satu kelas minimal dua kelompok,; 2) Setiap kelompok siswa membentuk barisan panjang dengan jarak tertentu yang tidak  terlalu rapat. Kemudian tentukan siswa yang menjadi informan pertama; 3) Guru memberikan informasi cara permainan kemudian memberikan informasi kepada siswa informan secara rahasia; 4) Siswa informan pertama menyampaikan pesannya kepada peserta di depannya dengan cara membisikkan. Kesempatan membisikkan maksimum 2 kali; 5) Siswa kedua harus menyimak baik-baik dan mengingatnya. Siswa juga boleh mencatatnya asal sesuai dengan peraturan yang ditetapkan; 6) Siswa terakhir menulis atau menyampaikan pesan tersebut di depan teman-teman yang lain; 7) Permainan bisa diulangi beberapa kali dengan pesan yang berbeda dan dengan jumlah kelompok lebih banyak. Kegiatan diakhiri setelah seluruh kelompok mampu menerima dan menyampaikan pesan dengan benar; 8) Setelah itu, guru dan siswa membahas dengan refleksi dan tindak lanjut (Allison Bartl).


Tujuan Tindakan Kelas

a. Mengetahui bagaimana ketrampilan menyimak siswa TK B  sebelum menggunakan penerapan metode pesan berbisik.

b. Mengetahui bagaimana ketrampilan menyimak siswa TK B setelah penerapan metode pesan berbisik.


PERUMUSAN MODEL TINDAKAN KELAS


RPP

School                      : Pre-Primary – Global Mandiri

Grade /Semester     : TK B/2

Subject                   : English

Topic                       : Universe

Session                   : 3-4

Time Allocation        : 60 minute

Standard Competency

Students are able to communicate verbally , possess vocabularies, and recognize symbols to prepare reading, writing, and counting.

Basic Competency

Is able to communicate or speak clearly with a correct pronunciation.

Indicator

Responds to a massage and re-tell the massages.

Material

Planets in the universe

Teaching Methodology

Games “Chain Whisper Words”

Activity

Activities Description Time Allocation

Opening

Greeting and singing songs

Students and teachers sing about “Planet in the Universe”.

10 minutes

Main activity

Exploring Concept

 

 

 

Games “Chain whisper Words”

 

Students and teachers exploring names and planets by watching video.

Students are divided into 4 groups to play “chain whisper words” games. Each group consist of 5 students

Teacher has written 5 words on papers. Teachers show and read this paper to first informants in each group secretly. Then, they should pass this information to the second informant, and it will done continually until the last person.

The last person should inform this to the audience. Totally teacher gives 5 sentences.

Teacher checks whether they spell correctly. 

15 minutes

 

 

 

30 minutes

Closing

Teacher evaluates the activity and gives appreciation to the winner. 

 


Alat Penunjang Pembelajaran

  • 5 pieces of recycle papers from milk box to write sentences
  • Video of “Planets in the universe” song.
  • First Encyclopedia of Space; Usborne by Paul Dowswell  p. 28

Instrumen Proses dan Instrumen Hasil 

Rubric of Sentence Accomplishment

100

100 % of the sentence is correctly pronounced

75

75 % of the sentence is correctly pronounced

50

50 % of the sentence is correctly pronounced

 

ANALISIS DAN REFLEKSI 

 


DAFTAR PUSTAKA 

Bartl,  Allison. 101 Pep – Up Games For Children. Canada: Hunter House Smart Fun Book. 2007

Heninger, Micahel L. Teaching Young Children – An Introduction- 5th Edition. New York:Pearson. 2013

Kerangka Dasar Kurikulum  Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Puskur. 2007

Tarigan, Djago. Ketrampilan Menyimak. Bandung: Angkasa. 1998

Facebook!
Twitter!
LinkedIn_logo_BisnisUpdate.com
GooglePlus!
Whatsapp!

Visit Us (Cibubur)

Visit Us (Jakarta)