pendaftaran siswa baru

SISWA PRE-PRIMARY MEMPELAJARI BUDAYA MELALUI INDONESIAN CULTURAL WEEK EVENT

Posted on 3 Mei 2018 - 11:53 WIB

SISWA PRE-PRIMARY MEMPELAJARI BUDAYA MELALUI INDONESIAN CULTURAL WEEK EVENT

Indonesian Culture Week merupakan event yang diadakan di Pre-Primary Sekolah Global Mandiri Cibubur yang dilaksanakan pada tanggal 16 sampai 20 April 2018. Peserta didik Pre-Primary sangat antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan yang diselenggarakan. Pada hari senin, kegiatan yang dilakukan para siswa adalah mendengarkan penjelasan dari Ms. Elisa tentang Indonesia seperti nama-nama pulau besar, Presiden dan Wakil Presiden, tempat-tempat bersejarah, serta Bahasa, Tarian Daerah, Baju Daerah, Alat Musik Tradisional dan lain sebagainya.

Pada hari selasa, peserta didik Pre-Primary membuat batik diatas kain putih, dimana ini bertujuan untuk memperkenalkan batik sebagai salah satu identitas dari Negara Indonesia serta melatih kesabaran, ketekunan dan konsentrasi pada peserta didik. Selain membatik, peserta didik juga membuat peta Indonesia menggunakan bubur kertas dan tutup botol plastik kemasan serta menghias wayang kertas.

Hari Rabu merupakan hari masak-memasak, peserta didik yang dibantu oleh guru Pre-Primary membuat salah satu makanan tradisional Indonesia yaitu Onde-Onde. Peserta didik membuat Onde-Onde dimulai dari memasukan kacang hijau ke adonan hingga menggulungnya seperti bola, kemudian guru menggorengnya. Peserta didik siswa tampak sangat bersemangat dan bahagia ketika memakan Onde-Onde buatan mereka sendiri.

Hari Kamis adalah hari dimana peserta didik Pre-Primary memainkan mainan tradisional yang ada di Indonesia. Ada beberapa permainan tradisional yang diperkenalkan, antara lain Bakiak, Enggrang, Bekel, Congklak dan Lompat Karet. Pada Hari Jumat sebagai hari penutup dari seluruh kegiatan, para peserta didik melakukan parade menggunakan baju daerah. Mereka ini tampak sangat gembira ketika memamerkan baju daerah yang sedang dikenakannya kepada setiap orang yang mereka jumpai.

Setelah melakukan parade, acara dilanjutkan dengan pertunjukkan tarian daerah dari setiap kelas yang dilakukan di Hall gedung 1. Tarian ini juga diperlombakan untuk memupuk semangat berkompetisi. Selain tarian daerah, pada hari Jumat juga terdapat seperti pameran kecil yang mewakili beberapa daerah yang ada di Indonesia. Para Orang Tua ini menampilkan informasi tentang daerah masing-masing seperti jenis tarian, baju daerah, alat musik sampai makanan tradisional. Seluruh kegiatan ini tentunya mempunyai tujuan agar peserta didik Pre-Primary Sekolah Global Mandiri Cibubur dapat mengenal Indonesia, mempelajari budaya Indonesia sehingga dapat mencintai dan melestarikan budaya Indonesia.

 

Facebook!
Twitter!
LinkedIn_logo_BisnisUpdate.com
GooglePlus!
Whatsapp!

Visit Us (Cibubur)

Visit Us (Jakarta)